Home » Blog » Tips » 16 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

16 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

Sedang mencari cara agar bisa lebih mengoptimalkan penggunaan WhatsApp pada ponsel Android? Sebagai aplikasi messenger yang populer, tentunya pengembang terus meningkatkan fitur-fiturnya setiap melakukan pembaruan. Namun sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu tentang beberapa fitur penting apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman obrolan melalui aplikasi chatting populer ini.

Banyak fitur WhatsApp tersembunyi yang tidak diketahui oleh penggunanya, seperti misalnya pengaturan kualitas pengiriman gambar agar tidak blur, dan masih banyak pengaturan lainnya yang perlu anda ketahui. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Membuat Avatar Kustom

Ingin foto profil WhatsApp anda berbeda? Sekarang bisa membuat avatar yang bisa anda kustom sendiri seusui dengan keinginan. Seperti memilih warna kulit, model rambut hingga jenis pakaian yang digunakan. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di iPhone, namun saat ini sudah bisa digunakan di Android.

Untuk membuat avatar masuk ke Pengaturan > Avatar > tap tombol Buat Avatar anda. Selanjutnya anda bisa mendesain sendiri avatarnya sesuai dengan ekspektasi keinginan anda.

Baca Juga: Direct Chat Tanpa Menyimpan Nomor di WhatsApp

Mengubah Jenis Teks

Pernah merasa bosan dengan pesan teks WhatsApp yang itu-itu saja? Anda bisa memformat teks tebal, miring, coret dan monospace hanya dengan menambahkan simbol pada awal dan akhiran teks.

  • Membuat tulisan Tebal: *teks tebal*
  • Membuat tulisan Miring: _teks miring_
  • Membuat tulisan Coret: ~teks coret~
  • Membuat tulisan Monospace: ”’teks monospace”’

Untuk memformat teks bisa dilakukan langsung melalui halaman obrolan tanpa perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda juga bisa menggabungkan kode untuk tulisan untuk mendapatkan format teks tebal miring maka formatnya akan seperti ini: *_teks tebal miring_*.

Baca Juga: Stylish Font Buat Tulisan Aesthetic di WhatsApp

Nada Dering Berbeda untuk Setiap Kontak

Pengguna bisa mengatur notifikasi khsus untuk setiap nomor kontak agar tidak bingung ketika mendapatkan pesan baru. Seperti misalnya ingin membedakan notifikasi dari pacar dengan orang tua, agar ketika ponsel anda sedang di saku bisa dengan mudah membedakan siapa yang mengirim pesan.

Cara untuk membedakan nada dering masuk ke aplikasi buka profil kontak yang ingin dibedakan notifikasinya, kemudian pilih menu Notifikasi kustom >ceklis Gunakan notifikasi kustom. Selanjutnya pilih nada dering untuk membedakan notifikasi.

Menghapus Semua Pesan Secara Otomatis

Apakah anda ingin selalu menjaga privasi saat mengirim pesan ke nomor kontak yang mungkin belum terlalu kenal? Sekarang pada WhatsApp versi terbaru bisa mengaktifkan pesan sementara agar pesan yang dikirim dihapus secara otomatis dengan waktu yang sudah ditentukan. Fitur ini bisa dikatifkan untuk setiap kontak, caranya masuk ke halaman obrolan, ketuk foto profil kontak, kemudian aktifkan Pesan sementara, tentukan timer durasi waktu pesan.

Dengan menggunakan pesan sementara maka pesan teks, pesan gambar atau media lainnya yang anda kirim akan secara otomatis terhapus.

Mengatur Kualitas Pengiriman Gambar

Sering kesal ketika mengirim gambar menggunakan WhatsApp hasilnya akan di kompres sehingga gambar menjadi blur? Sejatinya anda bisa mengirim gambar dengan mode dokumen agar gambar tidak pecah, namun tentu sangat merepotkan jika gambar yang akan dikirim jumlahnya banyak.

Untuk mempertahankan kualitas gambar saat dikirim anda bisa mengaturnya, masuk ke Pengaturan > Pengimpanan dan data > pilh Kulalitas foto unggahan menjadi Kualitas Terbaik.

Pengaturan ini juga berfungsi ketika mengirim status gambar ke WhatsApp agar tidak blur atau pecah.

Baca Juga: Text Repeater Kirim Pesan Text Panjang di WhatsApp

Sembunyikan Centang Biru

Ketika membaca pesan baru yang masuk akan ditandai dengan dua centang biru. Centang biru akan dilihat oleh pengirim pesan bahwa anda sudah membaca pesannya. Banyak pengguna yang tidak ingin diketahui ketika sudah membaca pesan, anda bisa menonaktifkan centang biru melalui fitur privasi.

Masuk ke Pengaturan > Privasi kemudian nonaktifkan Laporan dibaca. Yang perlu diperhatikan ketika menonaktifkan fitur ini maka anda juga tidak akan menerima laporan pesan dibaca ketika mengirim pesan ke semua kontak anda.

Melihat Detail Pesan

Bagi yang sering berkomunikasi di WhatsApp terkadang lupa tanggal dan waktu pesan yang pernah dikirim atau dibaca sebelumnya. Terlebih jika riwayat obrolannya sudah banyak. Untuk mengetahui detail pesan caranya, tap dan tahan pada salah satu percakapan yang ingin dilihat jam dan tanggal pengirimannya kemudian pilih tombol informasi dengan icon “i” pada toolbar.

Baca Juga: Video Splitter Update Story Video Panjang di WhatsApp

Menonaktikan Notifikasi

Pada waktu tertentu tentunya kita tidak ingin diganggu dengan notifikasi pesan yang masuk pada ponsel, terlebih jika saat sedang bermain game atau melakukan aktivitas lainnya. Di WhatsApp anda bisa menonaktifkan notifikasi hanya untuk kontak tertentu, seperti misalnya hanya untuk notifikasi pesan dari pacar. Caranya tahan pada obrolan kemudian pilih icon mute pada toolbar, tentukan berapa lama anda ingin membisukan notifikasi.

Menyembunyikan Status Online

Tidak ingin ketahuan kapan anda terakhir online di WhatsApp? Agar anda bisa menunda kapan akan membalas pesan atau sedang tidak ingin di ganggu saat anda menggunakan aktif di WhatsApp. Fitur untuk menyembunyikan status online ini bisa diaktifkan pada Pengaturan > Privasi > Terakhir dilihat dan online > kemudian pilih Semua orang atau hanya mengecualikan beberapa kontak kontak tertentu.

Menyembunyikan Foto Profil

Terkadang kita menggunakan foto profil yang sensitif untuk akun WhatsApp. Agar foto profil tersebut tidak bisa dilihat oleh salah satu kontak atau untuk nomor yang tidak dikenal anda bisa mengaturnya melalui halaman privasi.

Masuk ke Pengaturan > Privasi > Foto profil > kemudian ataur siapa saja yang bisa melihat foto profil anda.

Membuat Pintasan Pesan

Sering berkomunikasi dengan orang spesial? Anda bisa pin pesan agar obrolan tersebut tetap berada di paling atas tidak akan tertimpa oleh pesan baru yang masuk. Dengan melakukan pinned pesan ini tidak perlu repot mencari pesan ketika ingin memulai obrolan.

Caranya tekan dan tahan pada salah satu obrolan yang ingin di Pin kemudian tap icon Pin pada toolbar, maka pesan tersebut akan teteap berada di atas.

Jangan Simpan Foto dan Video

Ini adalah fitur agar tidak secara otomatis menyimpan foto dan video yang dikirim oleh teman. Sering kali kita mendapatkan kiriman gambar maupun video yang tidak di inginkan sehingga membuat penuh memori penyimpanan ponsel. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengatur agar ketika dikirim pesan media tidak langsung di download secara otomatis.

Untuk menonatifkan fitur unduhan otomatis pada gambar, video dan dokumen lainnya masuk ke Pengaturan > Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media > hilangkan ceklis pada semua jaringan baik itu data seluler maupun Wifi. Dengan menonaktifkan fitur ini maka anda bisa dengan mudah memfilter foto atau video yang dikirim oleh teman.

Hapus Pesan Yang Terkirim

Sering kali karena terburu-buru kita seing typo saat mengetik pesan WhatsApp sehingga menyebabkan salah paham. Anda bisa langsung menghapus pesan yang terkirim dengan cara tahan lama pada pesan, kemudian pilih hapus untuk semua orang. Dengan menghapus pesan maka penerima pesan juga tidak akan melihat pesan yang suda anda kirim tersebut.

Baca Juga: Cara Melihat Profil WA Tanpa Menyimpan Nomor

Membatasi Privasi untuk Status

Tidak ingin status yang dikirim dilihat oleh semua kontak anda? Atau ingin memfilter beberapa kontak agar tidak bisa melihat status yang dikirim. Anda bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat story yang dikirim melalui halaman privasi. Masuk ke Pengaturan > Privasi > kemudian pilih Status. Sesuaikan siapa saja yang bisa melihat dan membalas status anda di WhatsApp.

Mengaktifkan Kunci Sidik Jari

Hampir semua ponsel Android memiliki fitur proteksi keamanan dengan sidik jari. Untuk menjaga keamanan akun WhatsApp anda, kini bisa mengaktifkan kunci dengan sidik jari khusus untuk aplikasi WhatsApp sehingga akun anda tidak mudah dibuka oleh siapapun yang meminjam ponsel.

Pengaturan kunci sidik jari berada pada halaman pengaturan privasi. Jika anda pengguna iPhone bisa mengaktifkan fitur face id dari halaman ini. Anda bisa mengatur selang waktu untuk mengunci aplikasi setelah selesai menggunakan.

Mengaktifkan Proxy WhatsApp

Pada pembaruan terbaru WhatsApp secara resmi menyediakan sambungan melalui jaringan proxy. Jaringan proxy ini bisa diaktifkan jika provider seluler yang anda gunakan tidak bisa untuk mengakses WhatsApp seperti mengirim pesan atau menerima pesan. Selain itu ketika WhatsApp diblokir oleh geo lokasi, maka bisa mengaktifkan fitur proxy ini.

Untuk mengaktifkan sambungan via proxy masuk ke Pengaturan > Penyimpanan dan data > Setelan Proxy. Catatan: aktifkan fitur ini hanya jika tidak terhubung ke WhatsApp seperti pemblokiran dari provider atau geo lokasi.

Baca Juga: Status Saver Download Status WA Orang Lain Video dan Gambar

Kesimpulan

Banyak sekali fitur WhatsApp yang tersembunyi yang jarang diketahui oleh pengguannya. Kami telah secara lengkap membahas semua fiturnya yang mungkin sangat bermanfaat bagi para pengguna yang belum mengetahuinya. Untuk meningkatkan pengalaman menggunakan WhatsApp anda bisa menyesuaikan fitur mana saja yang ingin digunakan agar komunikasi anda bisa lebih maksimal.

Tinggalkan komentar