Home » Blog » Tips » Cara Blokir Kontak WhatsApp Agar Tidak Ketahuan Pemiliknya

Cara Blokir Kontak WhatsApp Agar Tidak Ketahuan Pemiliknya

Apakah sedang mencari cara untuk memblokir kontak WhatsApp tanpa ketahuan pemiliknya? Pada aplikasi pesan instan yang di naungi oleh Facebook ini, kita bisa terhubung dengan siapa saja tanpa perlu konfirmasi terlebih dahulu. Walaupun nomor yang tidak dikenal bisa mengirim pesan ke akun WhatsApp kita, bahkan bisa langsung melakukan panggilan suara maupun video. Tentu saja hal ini kerap membuat kita risih, terlebih saat ini sedang maraknya modus penipuan menggunakan aplikasi pesan instan.

WhatsApp sendiri sudah memiliki fitur blokir yang cukup mudah digunakan, kita juga bisa melaporkan nomor tidak dikenal sebagai spam ke pihak WhatsApp ketika mengirim pesan atau melakukan panggilan yang tidak pantas. Ketika sudah memblokir maka nomor kontak tersebut tidak akan bisa mengirim pesan dan melihat aktivitas kita.

Akan tetapi ketika ingin memblokir kontak WhatsApp yang sebelumnya sudah pernah berkomunikasi, kita tidak ingin diketahui ketika sudah memblokirnya. Ibaratnya ingin memblokir secara halus untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terjadi dalam kehidupan nyata. Lantas bagaimana cara blok nomor wa agar tidak diketahui? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan WA Clone App

Blokir Kontak dari Profil

Cara yang pertama adalah memblokir kontak dari halaman profil mereka. Cara ini paling cepat yang bisa anda lakukan.

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Masuk ke halaman obrolan dengan kontak yang akan diblokir, kemudian ketuk foto profil.

3. Pada halaman profil, gulir ke bagian bawah, maka akan ada opsi berwarna merah Blokir dan Laporkan.

4. Pilih opsi Blokir, ketika muncul popup konfirmasi pertanyaan apakah anda yakin ingin memblokir, pilih Blokir.

5. Maka pemblokiran dengan kontak tersebut sudah selesai.

Blokir Kontak dari Pengaturan

Selain dari halaman profil, anda bisa memblokir melalui halaman pengaturan aplikasi WhatsApp. Anda bisa memblokir beberapa kontak sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

1. Buka aplikasi WhatsApp pada Hp.

2. Tap icon titik tiga di sudut kanan atas, kemudian pilih menu Setelan.

3. Masuk ke pengaturan Privasi gulir ke bawah pilih Kontak diblokir. Maka disini akan terlihat daftar nomor dan kontak yang sudah di blokir sebelumnya.

4. Tap icon + pada sudut kanan atas kemudian pilih kontak yang akan di blokir.

Blokir Kontak Agar Tidak Diketahui Pemiliknya

Kedua opsi diatas adalah cara blokir yang sudah di sediakan secara resmi oleh pihak WhatsApp. Tentu jika anda melakukan pemblokiran dengan cara di atas akan mudah ketahuan bahwa anda sudah memblokir kontaknya. Agar tidak ketahuan bisa menggunakan opsi arsipkan pesan dengan kontak yang ingin di blokir.

Ketika pesan telah di arsipkan maka semua notifikasi tidak akan muncul ketika kontak tersebut melakukan pengiriman pesan teks atau melakukan panggilan. Cara ini bisa dibilang cukup efektif supaya pemilik kontak tidak tahu bahwa sudah diblokir.

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp.

2. Pada halan chat cari kontak yang ingin diblokir, kemudian tekan dan tahan lalu pilih tombol Arsip pada toolbar.

3. Maka obrolan dengan kontak yang suda di arsipkan tersebut akan hilang dari daftar chat WhatsApp anda.

4. Masuk ke Setelan WhatsApp, pilih menu Chat, aktifkan Tetap arsipkan chat.

Setelah mengaktifkan arsipkan chat maka pesan baru yang dikirim oleh nomor ini tetap berada di arsip tidak akan terlihat.

Cara Blokir Panggilan WA yang Tidak Dikenal

Sering mendapatkan panggilan dari nomor yang tidak dikenal? Tentunya sering membuat risih, sayangnya WhastApp tidak ada opsi untuk memfilter panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal. Untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga agar bisa menolak panggilan dari nomor yang tidak dikenal secara otomatis.

Dengan Aplikasi Truecaller

Truecaller adalah aplikasi yang sudah populer untuk memblokir panggilan dari nomor-nomor spam yang tidak di inginkan. Aplikasi ini mampu mendeteksi nomor ponsel yang berpotensi sebagai spam. Sehingga ketika nomor tidak dikenal melakukan panggilan ke akun WhatsApp anda akan secara otomatis diblokir.

Truecaller juga berfungsi untuk memblokir panggilan-panggilan untuk telepon konvensional. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, tidak perlu lagi memblokir nomor yang tidak dikenal satu-persatu.

Dengan Aplikasi WA Call Blocker

WA call blocker memiliki kemampuan yang sama seperti Truecaller, namun aplikasi ini lebih spesifik untuk WhastApp. Namun sayangnya aplikasi ini tidak akan memblokir nomor tidak dikenal secara otomatis, melainkan harus menambahkannya sendiri sendiri secara manual.

Setelah nomor baru di tambahkan ke daftar blokir, maka nomor tersebut tidak akan bisa melakukan panggilan ke nomor WhatsApp anda.

Baca Juga: 16 Fitur Tersembunyi WhatsApp Yang Jarang Diketahui

Ciri-Ciri Kontak WhatsApp Yang Telah Diblokir

Setelah anda melakukan pemblokir maka anda dan kontak tersebut sama-sama tidak akan bisa melihat aktivitas saat menggunakan WhatsApp seperti hal-hal berikut ini:

  • Tidak bisa melihat status yang dikirim
  • Tidak bisa melihat status online
  • Tidak bisa melihat foto profil
  • Apabila tetap mengirim pesan, maka hanya akan centang satu dan tidak akan pernah terkirim
  • Setiap melakukan panggilan suara maupun video tidak akan pernah terhubung
  • Jika mengirim file media tidak akan pernah terkirim

Itulah tanda-tanda jika kontak pada WhatsApp telah diblokir.

Baca Juga: Cara Melihat Profil WA Tanpa Menyimpan Nomor

Membuka Kontak Yang Sudah di Blokir

Adakalahnya kita ingin membuka kembali kontak yang sebelumnya pernah terblokir. Untuk membuka kontak yang sudah terblokir juga terbilang cukup mudah, hanya perlu beberapa langkah saja.

1. Masuk ke Setelan WhatsApp.

2. Pilih menu Privasi.

3. Kemudian pilih Kontak diblokir.

4. Cari kontak yang akan di buka blokirnya.

5. Konfirmasi dengan mengeklik Buka blokir.

Baca Juga: Stylish Font Buat Tulisan Aesthetic di WhatsApp

Kesimpulan

Dengan mamanfaatkan fitur blokir dari WhatsApp kita bisa terhindar dari nomor-nomor spam yang tidak di inginkan. Terlebih saat ini sedang maraknya penipuan melalui aplikasi chat, sebaiknya jika ada pesan dari nomor baru yang mencurigakan jangan langsung membukanya, apalagi sampai mengeklik tautan yang dikirim. Jika dirasa pesannya berhaya langsung saja Laporkan dan blokir agar nomor tersebut tidak akan bisa menghubungi anda kembali.

Tinggalkan komentar