Home » Blog » Tips » 3 Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke Hp Baru Paling Mudah

3 Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke Hp Baru Paling Mudah

Memiliki hp baru akan menghadirkan pengalaman menarik dan baru bagi banyak orang. Apalagi jika Anda mendapatkan hp yang selama ini di impi-impikan atau membeli hp keluaran terbaru yang memiliki fitur-fitur terbaru. Namun, ketika memiliki hp baru tentunya semua data aplikasi yang ada di hp baru juga menjadi baru lagi. Terutama adalah data chat whatsapp, lalu apakah ada cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru dengan mudah?

Tentang WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di Android dan iOS karena memiliki kemampuan untuk menelepon dan mengirim pesan ke teman dan keluarga kita di mana pun kita berada.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp kita bisa melakukan banyak hal, seperti :

  • Berkomunikasi dengan orang-orang tercinta menjadi lebih mudah, mengirimi mereka pesan setiap hari, menelpon setiap saat ataupun melakukan video call.
  • Membantu sebuah bisnis atau perusahaan untuk mengirim pesan kepada pelanggan, mengirimkan kabar terbaru kepada atasan atau rekan kerja, dan banyak lagi.

Semua manfaat tersebut menjadikan WhatsApp telah menjadi alat komunikasi penting dalam kehidupan pribadi dan bisnis kita.

Tapi ketika kita membeli hp baru tentunya kita harus menginstal aplikasi whatsapp baru. Dan di aplikasi whatsapp baru pastinya kita ingin semua data dan riwayat chat yang ada di hp lama bisa dipindahkan ke aplikasi whatsapp di hp baru.

Maka dari itu, bagi Anda yang baru saja memiliki hp baru dan ingin mengetahui cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru di bawah ini secara lengkap. Dimana Anda bisa memindahkan chat whatsapp dari hp android ke android, android ke iPhone ataupun sebaliknya, dan dari iPhone ke iPhone.

1. Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke HP Baru ( HP Android ke iPhone )

Jika Anda bingung tentang cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru dengan sistem operasi berbeda seperti dari android ke ios, sebenarnya caranya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasi Tenorshare iCareFone Transfer dan bisa dengan mudah memindahkan WhatsApp ke hp baru Anda dengan mudah.

Tenorshare iCareFone Transfer adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Tenorshare yang bisa digunakan sebagai tools transfer whatsapp dari hp lama ke hp baru. Menariknya dengan software ini, Anda dapat dengan mudah memindahkan chat dan lampiran WhatsApp ke hp baru dalam hitungan menit.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone (Tanpa Kembalikan Pengaturan pabrik)

Ingin tahu bagaimana cara memindahkan chat WhatsApp ke hp baru dari hp Android ke iPhone? Tenorshare iCareFone Transfer akan membantu Anda memindahkan data whatsapp dalam beberapa klik. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memindahkan pesan wa dari hp android ke iPhone :

Langkah 1: Langkah pertama adalah download Tenorshare iCareFone Transfer dan membukanya di komputer atau laptop. Setelah Anda menginstal software iCareFone Transfer, tekan tombol Transfer setelah Anda menghubungkan hp Android dan iPhone ke komputer/laptop.

Langkah 2: Sekarang ambil hp Android Anda dan buat backup chat WhatsApp Anda dengan masuk ke menu Setelan. Masuk ke aplikasi Whatsapp > Setelan > Chat > pilih Backup Chat ( Cadangkan Chat). Dan masukkan informasi dengan benar sesuai yang dibutuhkan.

Langkah 3: Setelah Anda memasukkan detail Anda, Anda nantinya akan menerima kode konfirmasi, silahkan masukkan kode konfirmasi untuk memverifikasi WhatsApp Anda. Pastikan WhatsApp Anda juga sudah login akun ke iPhone Anda.

Langkah 4: Di hp iPhone, silahkan nonaktifkan “Temukan iPhone Saya”. Selanjutnya, ikuti petunjuk di yang ada di gambar screenshot bawah ini.

Langkah 5: Tunggu beberapa saat sampai data WhatsApp Anda ditransfer dari hp Android ke iPhone.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari iPhone ke HP Android Menggunakan iCareFone Transfer

Banyak orang yang belum mengetahui cara memindahkan chat WhatsApp ke hp baru dari iPhone ke Android. Software iCareFone Transfer juga bisa membantu Anda mengatasi masalah ini hanya dengan beberapa klik saja. Untuk memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke hp Android yang perlu dilakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1: Unduh software iCareFone Transfer dan buka aplikasinya di komputer/laptop setelah selesai terinstal. Kemudian, sambungkan iPhone dan hp Android ke komputer/komputer menggunakan kabel data. Lalu lanjut dengan klik tombol “Transfer”.

Langkah 2 : Aplikasi ini akan menimpa data WhatsApp Anda dan akan memulai proses pencadangan iPhone Anda.

Langkah 3: Langkah selanjutnya yaitu memverifikasi akun WhatsApp Anda dengan memasukkan detail nomor hp dan kode telepon negara yang benar.

Langkah 4 : Sekarang aplikasi ini akan memproses transfer data dan menghasilkan data WhatsApp dari iPhone ke hp Android.

Langkah 5: Setelah proses transfer WhatsApp selesai di aplikasi ini, Anda bisa memeriksa apakah WhatsApp telah ditransfer dari iPhone ke Android atau belum.

2. Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke HP Baru dari HP Android ke HP Android melalui Chat Backup

Cara memindahkan chat WhatsApp ke hp baru dari hp Android ke hp Android lebih mudah dibandingkan mentransfer dari iPhone ke Android. Inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memindahkan chat wa dari hp android ke hp android :

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp di hp android dan masuk ke menu Setelan. Dari menu Setelan, buka menu Chat lalu buka pilih Backup Chat ( Cadangkan Chat). Lanjut dengan pilih Cadangkan ke Google Drive > klik tombol Cadangkan. Tunggu beberapa saat sampai proses backup masuk melalui akun Google Anda.

Langkah 2: Setelah proses pencadangan chat selesai di hp lama, silahkan install aplikasi whatsapp di hp baru, dan buka wa di hp baru dan login akun menggunakan nomor hp yang terdaftar di aplikasi wa di hp lama.

Langkah 3: Setelah itu, biasanya whatsapp akan mengirimkan kode OTP melalui SMS. Jika kode OTP sudah dimasukan, WhatsApp akan meminta Anda untuk memberikan akses ke cadangan Akun Google, silahkan login menggunakan akun Google yang digunakan untuk membackup chat whatsapp di hp lamu. Jika berhasil maka aplikasi whatsapp di hp baru memulihkan semua pesan di hp lama ke hp baru.

CATATAN : Jika Anda hp lama hilang dan Anda tidak memiliki cadangan chat WhatsApp. Cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru jauh lebih sulit dan bisa juga tidak bisa dilakukan.

3. Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke HP Baru dari iPhone ke iPhone melalui iCloud

Mirip dengan cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru dari hp Android ke hp Android, langkah memindahkan pesan wa dari iPhone ke iPhone juga mirip.

Langkah 1 : Di iPhone lama, silahkan buka WhatsApp dan lakukan proses cadangan chat. Untuk melakukan cadangkan chat wa, buka Pengaturan/Setting, lalu buka Obrolan (Chat), lalu buka cadangan obrolan (Backup Chat).

Langkah 2: Sebelum membuat cadangan chat wa di iPhone pastikan Anda sudah login ke akun iCloud Anda. Hal ini dibutuhkan karena iPhone akan menyimpan data chat di iCloud. Jika Anda belum login, silahkan buka pengaturan iPhone Anda dan lakukan login ke akun iCloud.

Langkah 3 : Buka HP baru Anda dan unduh WhatsApp di iPhone. Selanjutnya, login akun WhatsApp baru menggunakan nomor yang sama dengan yang di iPhone lama. Setelah Anda menerima pesan kode OTP, lanjut klik “Pulihkan riwayat obrolan”. Aplikasi WhatsApp akan memulihkan pencadangan chat.

Akhir Kata

Bagaimana sangat mudah bukan cara memindahkan chat whatsapp ke hp baru yang kami jelaskan diatas. Cara transfer chat wa diatas bisa digunakan ketika Anda ingin memindahkan chat whatsapp dari iPhone ke Android, Android ke iPhone, Android ke Android atau iPhone ke iPhone.

Artikel terkait lainya:

Tinggalkan komentar