Home » Blog » Tips » Pesan Berbintang WhatsApp Tidak Muncul? Berikut Cara Mengatasinya

Pesan Berbintang WhatsApp Tidak Muncul? Berikut Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang sering di alami oleh para pengguna WhatsApp adalah pesan berbintang yang tidak muncul. Hal ini tentu saja sering membuat pengguna merasa kesal, karena pesan penting menjadi sulit di cari.

Seperti yang kita tahu bahwa pesan berbintang merupakan salah satu fitur WhatsApp yang berfungsi untuk membuat penanda pada salah satu pesan penting. Ketika suatu saat kemu ingin melihat kembali pesan tersebut, kamu bisa mengaksesnya melalui halaman Pesan Berbintang.

Pesan berbintang WhatsApp mendukung semua pesan, seperti teks, gambar, serta dokumen. Pesan tersebut akan di simpan di halaman khusus dan di lengkapi dengan nama kontak dari pengirim pesan tersebut. Sehingga kamu bisa dengan mudah melihat kembali pesan tersebut tanpa harus repot scroll riwayat obrolan.

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah pesan berbintang hilang, tenang saja karena disini akan diberikan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi pesan berbintang yang tidak muncul atau hilang.

Cara Mengatasi Pesan Berbintang WhatsApp Hilang Atau Tidak Muncul

Sebenarnya, pesan berbintang itu tidak akan hilang meski kamu telah berganti ponsel, yang terpenting kamu selalu rutin membuat cadangan riwayat pesan. Akan tetapi sering kali masalah tersebut muncul ketika pengguna menambahkan pesan berbintang baru.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi pesan berbintang yang tidak muncul atau bahkan hilang. Kamu bisa mempraktekan cara yang akan dibagikan dibawah ini satu-pesatu sampai kamu bisa memcahkan masalah tersebut.

1. Perbarui WhatsApp

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembalikan pesan berbintang yang tidak muncul atau hilang adalah dengan memperbarui versi WhatsApp pada ponsel kamu. Karena dengan memperbarui versi WA semua fungsi yang error akan diperbaiki, termasuk untuk fitur pesan berbintang.

Untuk memperbrui WhatsApp sangatlah mudah, kamu bisa mengunduh pembaruannya melalui halaman resmi di Play Store maupun App Store. Jika kamu tidak bisa memperbaruinya melalui toko resmi, kamu bisa mencari apk WhatsApp melalui layanan alternatif pihak ketiga.

2. Pasang Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara yang kedua yang bisa kamu praktekan adalah dengan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Instal ulang diperlukan untuk memperbarui file cdangan yang telah kamu simpan sebelumnya. Namun sebelum kamu menghapus aplikasi WhatsApp, pastikan telah mencadangkan riwayat obrolan terlebih dahulu.

Setelah riwayat sudah berhasil di cadangkan sepenuhnya, hapus aplikasi WhatsApp dan instal kembali aplikasinya. Kemudian login kembali, dan jika muncul pertanyaan untuk memulihkan cadangan, pilih Pulihkan. Tunggu hingga proses sinkronisasi file cadangan selesai.

3. Membersihkan Cache WhatsApp

Cara mengatasi pesan berbintang WhatsApp ketiga yang bisa kamu coba adalah dengan menghapus cache atau file sampah WhatsApp. File cache sering kali menjadi penyebab utama error pada salah satu fungsi pada aplikasi.

Untuk membersikan file cache, caranya cukup mudah, masuk ke Pengaturan ponsel, kemudian pilih Pengelola Aplikasi, lalu cari aplikasi WhatsApp, pilih detail kemudian pilih tombol Hapus Cache. Sekarang kamu buka kembali aplikasi WhatsApp dan pesan berbintang yang sebelumnya hilang akan muncul kembali.

4. Hubungi Dukungan WhatsApp

Jika ketiga cara di atas telah kamu coba namun belum membuahkan hasil, langkah berikutnya yang bisa coba kamu lakukan adalah menghubungi dukungan WhatsApp. Kamu bisa mengakses fitur dukungan langsung melalui aplikasi WhatsApp. Caranya, buka aplikasi WhatsApp, pilih menu Titik Tiga, lalu pilih Setelan. Selanjutnya pilih menu Bantuan kemudian pilih Pusat bantuan.

Pada halaman dukungan ini kamu bisa mengirim pesan ke pihak WhatsApp yang berisi tentang masalah yang sedang kamu alami. Maka kamu akan mendapatkan dukungan langsung untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami tersebut.

Kesimpulan

Pesan berbintang WhatsApp merupakan fitur yang sangat berguna untuk menandai sebuah pesan penting supaya kita bisa mencarinya kembali dengan mudah di lain waktu. Namun terkadang pesan yang kita tandai tersebut tidak muncul sehingga kita merasa kebingungan untuk mencarinya. Oleh karena itu, cara di atas bisa kamu lakukan untuk memecahkan masalah pesan berbintang yang sedang kamu alami.

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar